Cara Move On Dari Kenangan

Yang nyari postingan gini pasti orang-orang yang berharap mesin waktu itu nyata dan bisa balik ke masa lalu, kalian mau mengulangi lagi masa-masa indah itu terus memperbaiki kesalahan yang membuat masa itu hilang.

Kalian mimpi !

Waktu gak bisa diputar, yang udah lewat gak bakalan terulang lagi. Yang perlu kalian lakukan adalah membuat masa lalu jadi lebih berarti buat masa depan kalian,  belajarlah dari masa lalu, kemudian jadilah pribadi yang lebih baik, karena kalian berhak mendapatkan masa yang lebih indah dari masa yang sudah lalu.

Mungkin kalian sudah berusaha menghapus memori-memori yang pengen kalian buang, tapi sering banget memori-memori itu sering muncul lagi dan akhirnya keingat deh si mantan itu hahaha. Memori itu sering muncul ketika indera manusia kalian mengalami hal yang serupa seperti kejadian pada masa lalu,

contoh ; kalian berulang-ulang kali mendengarkan lagu Michael Buble – Everything ketika mendaki gunung bersama teman kampus, kemudian ketika kalian mendengarkan lagu ini saat pelajaran dalam kelas, kalian bisa mengingat jelas momen-momen saat mendaki gunung itu.

(Kalian bisa langsung skip kebagian kesimpulan kalau malas baca artikel panjang gini)

Selain suara, hal ini juga terjadi dengan aroma, penglihatan,  dan bahkan indera perasa.

Aroma : ketika kalian pernah/sering mencium aroma pantai, maka ketika di tengah kota pun kalian mencium aroma pantai (misal dari parfume), maka otak kalian akan menampilkan pandangan pantai. Ketika di otak kalian mengingat parfume merk A adalah aroma si mantan, ketika kalian mencium parfume merka A itu dimanapun, maka otak kalian bisa memanggil memori wajah si mantan.

Penglihatan : ini alasan utama orang-orang bilang kalau mau cepat lupain mantan, jangan pernah pergi ke tempat-tempat yang sering kalian kunjungi sama mantan, karena otak lebih gampang membuat ingatan yang dihasilkan oleh mata. Kalau kamu sering ke cafe A sama si mantan, maka otak kamu akan banyak menampilkan dia, dia lagi duduk, dia lagi megang sendok-garpu, dia lagi menatap kamu.

Rasa : Kalau penglihatan gampang membuat memori, lidah adalah indera yang paling mudah membangkitkan memori (*cek artikel ini). Walaupun lidah merasakan 1001 bumbu masakan, tapi otak bisa menciptakan kode tersendiri antara rasa dan memori pada saat kamu mencicipi rasa itu.

Kesimpulan

Kalau kalian mau menghapus memori masa lalu atau sama mantan, kalian harus merubah kebiasaan-kebiasaan yang sering dirasakan indera manusia kalian pada masa lalu atau saat-saat bersama si mantan.

  • Lagu yang didengerin jangan itu-itu aja, cari lagu-lagu baru.
  • Ganti parfume badan, kamar, shampo, sabun, dsb.
  • Cari tempat-tempat baru, tempat nongkrong baru, tempat jogging baru, dsb.
  • Beli cemilan yang lain dari biasanya

Buatlah memori-memori baru, karena kalian berhak memiliki memori yang lebih indah. Gak usah lebay merubah hidup kalian secara keseluruhan, cukup yang krusial aja.

Selain itu dekatkan diri kalian kepada Tuhan, karena hanya kepada Tuhan kalian bisa berharap.

Yang nulis bukan manusia sempurna, kalau ada masukkan silahkan komen, sama-sama berubah jadi lebih baik.