Aplikasi Android Untuk Yang Boros Pakai Uang

Banyak orang-orang yang ngerasa duit bulanannya habis terus dan nggak tahu uangnya hilang kemana, mungkin alasannya ada yang seperti ini :

  • lupa pernah pinjamin uang ke siapa
  • kebanyakan jajan cemilan
  • belanja online
  • biaya akomodasi yang nggak tetap

Alasan utama mereka sebenarnya adalah tidak pernah mencatat pengeluaran-pengeluaran kecil dan apalagi pengeluaran rutin seperti akomodasi. Dari beberapa orang yang saya tanya kenapa tidak mencatat semua pengeluaran mereka jawabannya adalah ribet.

Di jaman sekarang ribet nggak bisa lagi menjadi alasan, untuk masalah ini jawabannya ada di aplikasi keuangan yang bisa dibawa kemana-mana, ya di handphone kalian.

Aplikasi keuangan di android sangat banyak, tapi saya menganjurkan aplikasi “Money Lover”.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bookmark.money&hl=en

aplikasi keuangan
Money Lover

Kenapa Money Lover ?

Money Lover ini ada dua, Free dan Premium. di versi free fitur-fiturnya terbatas dan ada iklan, namun fiturnya sudah cukup memadai. Jika nanti sudah merasa aplikasi ini sangat berguna, saatnya updgrade ke versi premium.

Saya akan memberikan sedikit review fitur-fitur pada Money Lover Free supaya ada gambaran untuk yang ingin mendownload.

  • Halaman Utama

(Gambar 1) Halaman utama aplikasi ini adalah history transaksi kita setiap bulan. Di baris pertama adalah overview yang menampilkan total transaksi masuk dan keluar. baris berikutnya adalah detail pertransaksi yang menampilkan tanggal, logo katergori, dan uang yang digunakan.

1
Gambar 1

 

(Gambar 2) Pada bagian kiri atas halaman utama ada shortcut ke menu aplikasi. Menu utamanya adalah akun keuangan kita, untuk versi free hanya bisa 2 akun yaitu cash dan bank account. Setelah memilih akun mana yang akan digunakan, maka akan muncul menu-menu fitur yang dapat digunakan (*fiturnya akan dijelaskan poin berikutnya).

1a
Gambar 2

 

(Gambar 3) Pada bagian kanan atas terdapat menu notifications yang bergambar lonceng. Menu notifikasi ini akan mengingatkan list-list keuangan yang memiliki waktu atau target, seperti hutang dan budget.

2.
Gambar 3

 

  • Quick Action, Add Transaction, Category

Salah satu fitur yang sangat membantu user adalah quick action yang selalu aktif pada tampilan menu notifikasi handphone, ketika selesai melakukan transaksi langsung buka handphone dan tekan tombol plus pada akun yang melakukan transaksi. contoh jika mengeluarkan uang cash untuk makan siang di warung, langsung tekan tombol plus akun cash, aplikasi akan langsung terbuka pada halaman transaksi.

Pada halaman transaksi standar akan ditampilkan sebuah form yang terdiri dari uang, kategori, catatan, akun yang digunakan, dan tanggal transaksi. untuk menambahkan detail tekan “add more details” pada bagian bawah form. Dan untuk transaksi seperti hutang dan lainnya, memiliki form yang berbeda.

3

4

5

 

  • Budget Plan Fiture

Fitur yang akan sangat membantu dalam keuangan, mengatur pengeluaran dan tabungan. pada masing-masing fitur ini akan mengingatkan kita tanggal, target, dan sisa anggaran.

(Budgets) Pada fitur budgets ini kita diharuskan mengatur anggaran untuk kategori, seperti contoh pada gambar adalah kategori shopping. Pada contoh gambar memberi informasi bahwa sisa anggaran shopping untuk tanggal 01/04 hingga 30/04 adalah Rp 70.000.

6b
Shopping

 

(Savings) Fitur yang mencatat uang yang disisihkan untuk menabung, dengan detail berapa gol menabung dan sisa berapa hari untuk mencapai target menabung. Pada contoh gambar memberikan informasi judul tabungan adalah Brz.network dengan gol tabungan sebesar Rp 10.000.000 dalam waktu 114 hari lagi.

6a
Savings

 

(Bills) Fitur ini berfungsi untuk mengingatkan pengeluaran yang akan kita gunakan di masa akan datang atau yang berulang, fitur ini butuh pengaturan terlebih dahulu untuk masing-masing bills. Seperti contoh pada gambar diperlihatkan tagihan untuk bulan april tanggal 11 sebesar Rp 80.000.

6
Bills

 

(Travel) Khusus kalian yang suka jalan-jalan ini fitur yang dibuat memang untuk kalian. Lakukan pengaturan anggaran yang akan dihabiskan untuk jalan-jalan, lalu aktifkan mode “Travel Mode” saat kamu jalan-jalan, maka setiap transaksi yang dimasukkan akan otomatis mengurangi anggaran jalan-jalan yang sudah diatur sebelumnya.

7
Travel

 

  • Trends

Seperti aplikasi keuangan lainnya, fitur trends atau analisa data adalah wajib. Di aplikasi Money Lover versi free ini juga teradapat analisa sederhana dari pengeluaran, pemasukan, dan saldo  yang kita masukkan ke aplikasi.

last1
Trends

Pada halaman ini akan ditampilkan perbandingan pengeluaran, pemasukan dan saldo dari waktu yang kita tentukan. Selain itu juga bisa melihat pengeluaran setiap kategori, sehingga bisa melihat pengeluaran lebih berat untuk hal apa.

Jadi dengan fitur Trends ini dapat menganalisa keuangan, sehingga kedepannya mengatur keuangan akan lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semoga informasi ini bisa membantu meringankan keresahan teman-teman dengan masalah uang. Terima kasih