#photoproduct dengan 1 flash ( shoes by @loona_id )

IMG_9780 IMG_9785

Mau sharing sedikit ilmu photography nih, walaupun gak seberapa mudah-mudahan bermanfaat ya 🙂

photo product ini gw eksekusi cuma di kamar doang, alasannya sih males pergi nyewa studio yang jauh dan mahal kalau cuma dipake buat foto sepatu. Gw punya beberapa perlengkapan perang yang bisa gw pake buat eksekusi foto kayak diatas, ini perlengkapan sederhananya :

  • kamera canon 500d
  • lensa kit 18-55
  • flash canon 430exII
  • sepasang trigger
  • umbrella softbox
  • karton warna putih
  • meja
  • sellotape

gimana caranya ? lihat gambar berikut dan baca petunjuk dibawahnya

tutorproduct

pertama kalian atur posisi meja menempel ke dinding, lalu tempel karton putih ke dinding hingga menutupi meja seperti gambar berikut

123asd

kedua kalian posisikan flash menggunakan softbox tepat diatas meja (*lihat petunjuk gambar diatas), dan jangan lupa pasang trigger. kenapa posisi softbox harus diatas ? tujuannya meminimalisir bayangan yang dihasilkan, agar produk lebih terlihat jelas, kalau punya banyak flash, kalian bisa coba tembak dari segala arah. untuk sesi photo 1 flash ini, pengaturan flash cukup default saja, karena kita hanya memainkan pengaturan disisi kamera doang.

ketiga, letak barang yang ingin difoto tepat di tengah-tengah meja.

keempat, letak kamera dengan tripod tepat lurus didepan produk, pastikan posisi produk ditengah frame dan karton yang terambil cukup luas, supaya pada proses editing gak ribet. alasan menggunakan tripod agar posisi kamera tidak berubah-ubah.

kelima, setting kamera. shutter speed 1/200, iso 100-400, diafragma F5 keatas. shutter speed jangan terlalu banyak dirubah, kalian cukup main sedikit di iso 100-400, dan yang perlu banyak diotak-atik itu diafragma aja menurut gw. langsung dicoba jepret biar fix, punya taste masing-masing kalau masalah setting kamera.

nah pada prosess editing, kalian cukup crop bagian selain karton atau kalian bisa menggunakan clone tools di photoshop untuk merubah bagian yang bukan karton menjadi karton. lalu kalian rubah warna karton tadi menjadi lebih putih. berikut gambar sebelum di edit, cuma crop.

IMG_9780

nah yang dibawah ini setelah gw edit bagian bukan karton menjadi full karton putih semua.

1

nah 2 foto dibawah ini, setelah warna karton gw select terus di replace color nya jadi warna putih dan warna abu abu

2 3

inti saat foto produk ini adalah pencahayaan, minimalkan shadow yang dihasilkan supaya produk terlihat sangat jelas, tapi untuk beberapa case dan taste pada photo produk, shadow bisa jadi element penting membuat garis atau mood ( paragraf ini menurut pendapat gw aja, dari pengalaman foto produk, kalah salah atau berbeda pendapat harap maklum ya hahaha..), dan pastikan semua sudut produk terambil semua serta saat proses editing jangan sampai merubah bentuk dan warna asli produk

IMG_9780 IMG_9779 IMG_9778 IMG_9782IMG_9785 IMG_9784